Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Seseorang tengah memegang mangkuk berisi rendang daging sapi

Ketahui Rahasia di Balik Kekayaan Bumbu Rendang Daging Sapi yang Menjadikannya Istimewa

Ketahui Rahasia di Balik Kelezatan Bumbu Rendang Daging Sapi

Rendang daging adalah salah satu kuliner dari Sumatra Barat yang tersohor hingga mancanegara. Bahkan, rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat sedunia sebanyak 4 kali. Bukan tanpa alasan predikat ini disandangkan pada rendang. Ada perpaduan rasa yang sempurna dari daging, bumbu, serta santan kelapa. Sehingga menyajikan rendang daging sapi di berbagai acara istimewa termasuk Hari Raya Idul Adha adalah hal yang tepat.

Nah, sebelum memasaknya, mari ketahui terlebih dulu rahasia di balik bumbu rendang daging sapi. Seorang pakar kuliner Indonesia menyebutkan ada 8 bumbu wajib, termasuk rempah tradisional, dalam meracik bumbu rendang daging. Kedelapan bahan dihaluskan kemudian dimasak bersama potongan daging sapi dan santan dalam waktu lama. Inilah yang memberikan aroma serta rasa yang otentik dari sepiring rendang daging.

Apa saja bumbu wajib itu? Dan bagaimana cara memasak rendang daging yang tepat? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

Bahan dan Rempah

Bahan dan Rempah

1. Bawang Putih dan Bawang Merah

1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih kupas untuk bumbu rendang daging sapi
Bawang putih kupas yang bisa memberi aroma harum dan rasa manis pada masakan (Foto: Shutterstock).

Bawang putih adalah bumbu wajib pertama untuk rendang daging. Dari segi aroma, bawang putih menciptakan aroma harum yang menggugah selera. Saat dihaluskan dan ditumis, bawang putih akan memberi rasa manis sekaligus gurih.

Sementara itu, bawang merah merupakan bumbu yang wajib hadir untuk mendampingi bawang putih. Berperan penting karena bawang merah dapat menonjolkan rasa masakan, terutama rasa pedas. Pilih bawang merah segar yang ditandai dengan teksturnya yang keras dan kulitnya mengilap bersih. Hindari bawang merah yang bertekstur lembut dan telah berair.

2. Cabai Merah

2. Cabai Merah

Cabai merah keriting siap dijadikan campuran bumbu rendang
Cabai merah keriting, pemberi rasa pedas dalam masakan. (Foto: Shutterstock)

Cabai merah keriting memberi rasa pedas yang lembut pada rendang daging. Selain itu, cabai juga dapat memperkuat rasa masakan dengan sempurna. Pilih cabai merah keriting yang masih segar untuk memberi warna oranye yang cerah serta rasa yang lebih pedas dibandingkan cabai merah kering.

3. Jahe dan Lengkuas

3. Jahe dan Lengkuas

Jahe akan memberi sensasi pedas hangat yang khas dan aroma yang segar. Salah satu tipsnya adalah memilih jenis jahe tua yang segar. Kesegaran jahe ini ditandai dengan tekstur yang keras dan padat.

Sementara itu, lengkuas berperan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada masakan, termasuk aroma yang tajam dari daging sapi. Lengkuas juga berfungsi sebagai penyedap alami masakan. Cara mengolahnya cukup hanya dengan dimemarkan sebelum dimasak. 

4. Daun Jeruk dan Daun Kunyit

4. Daun Jeruk dan Daun Kunyit

Selain memberi aroma wangi yang khas, daun jeruk dapat menjadi penyedap alami masakan. Tidak perlu dihaluskan, masukkan lembaran daun jeruk saat memasak rendang. Pilih daun yang masih berwarna hijau tua, mengilap dan segar, ya!

Daun kunyit juga wajib ada dalam bumbu rendang karena dapat menghilangkan bau anyir atau amis dari daging. Selain itu, kehadiran daun kunyit memberi aroma yang khas pada masakan. Tentunya, pilih daun kunyit yang masih berwarna hijau segar.

5. Rempah-Rempah

5. Rempah-Rempah

Ada beberapa rempah yang sepatutnya hadir dalam racikan bumbu rendang, antara lain kemiri, ketumbar, kapulaga, cengkih, kayu manis, pala, bunga lawang, dan asam kandis. Bukan sembarang menggunakan rempah, ternyata pemilihan jenis rempah disesuaikan dengan daerah asal rendang dibuat, lho!

Kemiri mayoritas digunakan dalam bumbu rendang dari berbagai daerah di Sumatra Barat. Lalu ada ketumbar hijau atau ketumbar mentah yang menjadi rempah wajib dalam rendang dari daerah Batusangkar. Kemudian kapulaga menjadi kunci dalam bumbu rendang yang dibuat oleh penduduk di wilayah Payakumbuh. Bebaskan pilihanmu terhadap rempah sesuai dengan selera! 

Tips Memasak Rendang Daging yang Tepat

Tips Memasak Rendang Daging yang Tepat

Kelezatan rendang tidak hanya didukung oleh bumbunya yang kaya rasa. Ada beberapa faktor pendukung lain untuk menciptakan rendang bercita rasa sempurna. Berikut adalah beberapa tips memasak rendang daging sapi agar mudah dipraktikkan di rumah.

Pertama, pilih bahan yang tepat dan segar. Dimulai dengan memilih daging sapi bagian paha yang tidak terlalu lembut sehingga tidak mudah hancur ketika dimasak lama. Hindari daging sapi yang berlemak karena lemak akan menyusut dan mengeras setelah matang.

Untuk bumbu dan rempah, pilih yang masih segar. Kesegaran ini dapat dilihat dari warna serta tekstur bumbu saat dipegang. Satu bahan penting dalam rendang adalah santan segar. Gunakan takaran yang pas untuk santan, perbandingan daging dengan santan yaitu 1 berbanding 3 - dimana misalnya 1 kg daging dibutuhkan santan kental dari 3 butir kelapa.

Kedua, proses memasak yang tepat. Idealnya dibutuhkan waktu 8 jam untuk memasak rendang. Dalam panci, tumis bumbu halus dengan santan dan Royco Kaldu Sapi yang kini hadir dengan Formula Baru dan dibuat dari daging yang direbus lama dan dilengkapi garam beriodium. Masakan di rumah menjadi lebih lezat dan kebutuhan iodium harian tubuh menjadi terpenuhi. Setelah santan mengeluarkan minyak, masukkan daging. Masak dengan api kecil hingga matang sambil rutin diaduk perlahan.

Nah, tentunya sudah tak sabar membuat masakan dengan bumbu rendang daging sapi di rumah, bukan? Kamu juga dapat mencari resep rumahan lain dari bumbu rendang seperti rendang kentang jamur dan ayam suwir bumbu rendang. Selamat mencoba!