Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Satu jenis dari macam-macam pasta bernama rigatoni disajikan di atas meja kayu

Tak Hanya Spaghetti, Kenalan Yuk dengan Macam-Macam Pasta dari Italia!

Menggemari macam-macam pasta Italia? Ternyata tak hanya spaghetti, macaroni, fettuccine, namun masih ada lasagna, dan macam-macam pasta lain yang mungkin belum kamu ketahui. Penggemar pasta semestinya lebih berbahagia karena kini semakin banyak jenis pasta yang tersedia di pasaran .

Menggemari macam-macam pasta Italia? Ternyata tak hanya spaghetti, macaroni, fettuccine, namun masih ada lasagna, dan macam-macam pasta lain yang mungkin belum kamu ketahui. Penggemar pasta semestinya lebih berbahagia karena kini semakin banyak jenis pasta yang tersedia di pasaran .

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, mengapa sih jumlah pasta begitu banyak? Alasannya adalah karena kombinasi saus dan proteinnya juga begitu banyak. Meskipun beberapa jenis bisa saling menggantikan, namun sejatinya macam-macam pasta berarti beragam juga penggunaannya. Bahkan untuk orang Italia sendiri sakral hukumnya untuk menggunakan pasta yang spesifik pada masakan tertentu.

Ingin tahu apa saja yang kini semakin tren digunakan dan di antaranya mulai tersedia di  Indonesia? Simak variannya berikut ini!

Ingin tahu apa saja yang kini semakin tren digunakan dan di antaranya mulai tersedia di  Indonesia? Simak variannya berikut ini!Macam-Macam Pasta dari Italia Selain Spaghetti

Rigatoni

1. Rigatoni

Inilah adalah ‘kakaknya’ penne yang berukuran lebih besar. Bentuknya menyerupai tabung dengan guratan-guratan  agar saus menempel dan mengisi pasta saat dinikmati. Tujuannya adalah agar pengalaman makan semakin terasa menyenangkan.

Menariknya, rigatoni adalah pasta yang juga sangat fleksibel. Kelebihannya tadi tak hanya dimanfaatkan untuk sajian tumisan pasta yang biasanya, namun juga untuk dipanggang. Jadi bayangkan bila rigatoni dipanggang bersama adonan empat jenis keju (quattro formaggi) ataupun ’hanya’ dengan saus bolognese. Sedap!

2. Capellini atau Angel Hair

2. Capellini atau Angel Hair

Jenis pasta yang satu ini bentuknya persis seperti spaghetti namun memiliki diameter lebih kecil. Itulah sebabnya ia disebut sebagai Angel Hair atau rambut malaikat (capelli d’angelo atau capellini). Ukurannya yang lebih kecil dan merapat seperti rambut menjadikan pengalaman menikmati capellini punya sensasi tersendiri. 

Pasta yang satu ini lebih tepat untuk dipadankan bersama saus dan daging, bukan  untuk dipanggang seperti rigatoni. Idealnya, kreasikan dengan saus yang ringan seperti tomat, atau aglio olio. Tujuannya adalah agar mudah untuk menyelimuti pastanya dan tidak membuat pasta berjatuhan saat diangkat dengan garpu karena sausnya terlalu berat.

3. Farfalle atau Bowtie

3. Farfalle atau Bowtie

Salad zucchini, tomat, rocket, dan farfalle disajikan dalam mangkuk hitam
Farfalle sering disajikan juga sebagai bagian dari salad. (Foto: Shutterstock)

Inilah salah satu kabar baik untuk pencinta macam-macam pasta di Indonesia. Farfalle kini sudah semakin banyak tersedia di pasaran. Bentuknya yang menyerupaidasi kupu-kupu ini menjadikannya juga dikenal sebagai bow tie. Keunggulan bentuk farfalle adalah banyaknya sudut yang dapat “dihinggapi” saus maupun keju sehingga rasanya semakin nikmat.

Maka cobalah berkreasi dengan saus seperti carbonara misalnya yang begitu creamy. Tapi jangan salah, farfalle juga cocok disajikan sebagai pelengkap menu salad. Bersama potongan tomat ceri, bawang merah, zucchini, serta keju, farfalle bertugas menggenapkan kelezatan dari seporsi salad yang menyegarkan!

4. Ravioli

4. Ravioli

Untuk jenis pasta yang satu ini biasanya hanya dijual dalam bentuk siap masak ataupun harus fresh dibuat dari nol. Ini dikarenakan ravioli adalah jenis pasta yang biasanya memiliki isian dan harus ditutup rapat sebelum kemudian direbus. Namun bila berkesempatan mencicipi atau membuatnya, ravioli adalah salah satu pasta yang paling elegan di dunia kuliner Italia.

Jenis isian paling populer untuk ravioli adalah keju ricotta dan bayam. Pasta ini kemudian direbus dan disajikan al dente dengan tambahan minyak zaitun ataupun saus yang ringan. Wangi aromatik rempah mewarnai pasta yang satu ini, menjadikannya sebagai sajian yang mewah dan paling cocok dinikmati untuk makan malam.

5. Cannelloni

5. Cannelloni

Cannelloni paling cocok disajikan sebagai pasta panggang dengan isian daging
Farfalle sering disajikan juga sebagai bagian dari salad. (Foto: Shutterstock)

Meskipun bentuknya seperti tabung, cannelloni tidak memiliki guratan seperti rigatoni ataupun penne. Seperti lasagna, pasta jenis ini paling cocok sebagai menu panggangan dengan saus tomat, keju, serta daging cincang. Sebagai penggenapnya, cannelloni kemudian disiram dengan saus bechamel sebelum dipanggang. Nikmat!

Jadi, jenis apa saja yang sudah pernah kamu coba dari macam-macam pasta tadi? Yang jelas, kamu wajib mencobanya bila berkesempatan untuk memasaknya ataupun saat mengunjungi ke restoran. Selamat mencoba!