Apa Yang Kamu Cari?

cara menyimpan cumi
Tips Menghilangkan

Bau Amis Pada Ikan

Menghasilkan ikan goreng yang lezat, tidak hanya bergantung pada cara memasak yang tepat dan bumbu yang pas. Tentunya, penggunaan ikan berkualitas prima juga sangat penting. Jangan sampai ikan yang berbau amis mengganggu hasil masakan Anda ya, Bu!

Ikan yang segar sebenarnya tidak berbau amis. Ketika masih berusia maksimal 2 hari setelah ditangkap, ikan cenderung tidak berbau atau memiliki aroma yang manis. . Tapi, kalau ikan Anda sudah Anda simpan selama beberapa hari di freezer dan mulai berbau amis, bukan berarti Anda harus langsung membuangnya. Selama daging ikan masih cukup padat dan kenyal, serta kulitnya masih tampak cerah dan tidak berlendir, Anda masih bisa menggunakan ikan tersebut. 

Lalu, untuk menghilangkan bau amis-nya, coba saja beberapa tips berikut ini:

Kalau ikan yang akan Anda gunakan adalah ikan utuh, bersihkan ikan dengan baik, terutama bagian hitam yang biasa terlihat di atas ikan setelah kepalanya dipotong. Bagian inilah yang biasa membuat ikan berbau amis.

Bersihkan sisik ikan secara menyeluruh, lalu lumuri ikan dengan cuka. Jumlah cuka yang digunakan adalah 2 sendok teh cuka untuk tiap 1 kilogram ikan. Setelah dilumuri cuka, biarkan ikan selama sekitar 15-20 menit.