Apa Yang Kamu Cari?

cumi goreng tepung
Tips Mudah

Membuat Cumi Goreng Tepung Renyah

Menikmati cumi goreng tepung sebagai camilan ditemani saus tomat memang lezat. Kelezatan dan kriuk renyah cumi goreng tepung tidak akan bisa ditahan siapa pun. Tekstur dagingnya yang kenyal membuat gorengan ini diburu setiap waktu. Tak heran banyak yang ingin bisa membuat sendiri cumi goreng tepung yang lezat ini.

Apalagi bila disantap sambil ditemani secangkir teh hangat bersama keluarga. Bagaimana cara membuatnya, simak saja tips mudah di bawah ini!

Untuk membuat cumi goreng tepung renyah pun mudah. Hanya perlu menyiapkan cumi, tepung terigu, minyak goreng, garam, dan lada

Untuk membuat cumi goreng tepung spesial yang pas sedapnya, maka perhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Agar tidak alot, pilih cumi yang masih segar. Perhatikan dan sentuh daging cumi. Jika daging masih kenyal dan kulit mengkilat, tandanya cumi masih segar.
  2. Untuk menghilangkan bau amis seafood, lumuri cumi dengan air perasan jeruk lemon. Teknik ini juga berguna untuk melembutkan daging cumi agar waktu masak lebih cepat.
  3. Bau tak sedap juga bisa muncul karena kurang teliti saat membersihkan cumi. Tahapan yang benar dalam membersihkan cumi adalah mencuci cumi, lalu membuang bagian dalam cumi. Kemudian lumuri cumi dengan bahan penghilang bau seperti contoh di poin sebelumnya. Setelah itu, cuci lagi sebelum diolah agar bau bahan penghilang amis tersebut tidak memengaruhi bumbu tepung goreng.
  4. Cumi terasa alot juga bisa karena dimasak terlalu lama. Karena itu, cukup goreng selama kurang lebih 2-3 menit.
  5. Agar tepung bisa mekar sempurna saat digoreng, ada bahan tambahan yang perlu diberikan, yaitu baking soda. Campurkan 1 sdt baking soda dalam campuran tepung, aduk dengan baik agar benar-benar tercampur rata.
  6. Dalam menggoreng, minyak harus benar-benar panas agar baking soda bisa mengembang saat cumi bersalut tepung dimasukkan.
  7. Tingkat kematangan sangat bergantung selera. Umumnya cumi goreng tepung bisa diangkat dari minyak jika berwarna kuning kecokelatan. Agar permukaan yang matang bisa rata, goreng sambil dibolak-balik.