Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Satu mangkuk besar yang dilapisi daun pisang dan berisikan rendang kentang jamur

5 Menu Berbuka Puasa Lezat untuk Santap Bersama Keluarga

5 Menu Berbuka Puasa Lezat untuk Keluarga

Berbicara tentang berpuasa di bulan Ramadan, pastinya cukup identik dengan bahasan menu berbuka. Satu momen sakral yang hanya terjadi selama 30 hari dalam setahun ini layak mendapatkan perhatian penting. Waktu berbuka puasa memang paling nikmat saat melewatinya bersama-sama keluarga dalam satu meja makan.

Untuk itu, Royco punya beberapa resep buka puasa yang patut dicoba tahun ini. Tak hanya istimewa, menu-menu ini juga cocok untuk dinikmati bersama orang terdekat terutama keluarga. Penasaran apa saja resepnya? Yuk, kita coba satu per satu!

1. Resep Rendang Kentang Jamur

1. Resep Rendang Kentang Jamur

Yang namanya rendang tak selalu harus berisikan daging sapi, karena kita bisa berkreasi dengan menggunakan bahan lain. Nah, kali ini ada satu yang unik yaitu rendang kentang jamur (please insert the link to the recipe here).

Ternyata bisa banget rendang menggunakan bahan-bahan nabati. Selain lebih terjangkau harganya, kandungan nutrisinya begitu lengkap. Cara membuatnya mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja. Jadi, pastikan menu yang satu ini masuk ke daftar wajib coba saat Ramadan, baik untuk sahur maupun berbuka!

Agar semakin nikmat, pastikan untuk menambahkan Royco Kaldu Ayam yang kini hadir dalam Formula Baru dengan kaldu terbaik! Dibuat dengan ayam yang direbus lama, serta rempah yang kaya dan garam beryodium.

Untuk membuatnya, pertama, marinasi terlebih dahulu kentang, jamur tiram, dan air kelapa serta Royco Kaldu Ayam. Selanjutnya, tumis bumbu halus berupa cabai merah, cabai rawit, jahe, ketumbar, merica, dan kapulaga. Padukan tumisan tersebut dengan paduan bumbu halus lainnya dari rempah berupa kapulaga, cengkih, pekak, daun jeruk, serai, daun salam, daun kunyit, dan asam kandis. Tambahkan santan, parutan kelapa, serta kentang dan jamur. Masak sambil diaduk hingga mulai mengering dan tambahkan kacang merah.

Jadi, pastikan menu berbuka tahun ini semakin semarak dengan kehadiran rendang kentang jamur. Sebuah hidangan yang cocok sebagai menu utama di samping kehadiran masakan khas Minang lainnya sebagai pendukung – misalnya saja telur dadar, gulai nangka, ataupun daun singkong. Lezat!

2. Resep Sayur Asam Pedas dengan Ikan Peda

2. Resep Sayur Asam Pedas dengan Ikan Peda

Mangkuk berisi sayur asam lengkap dengan topping berupa jagung dan sayuran.
Sayur asam selalu cocok di segala suasana, apalagi untuk buka puasa. (Foto: Royco)

Makanan rumahan tidak akan pernah gagal tampil menggoda sebagai menu berbuka. Kali ini ada resep sayur asam pedas yang wajib dicoba. Alih-alih sayur asam yang seperti biasanya, versi Royco kali ini punya rasa pedas. Kalau yang begini, bawaannya bakal ingin tambah terus pastinya!

Saat menikmati sayur asam, selain ‘topping-topping’ wajib seperti jagung manis, kacang merah, dan labu siam, kami punya satu kejutan lainnya. Adalah kehadiran ikan asin yang bakal menjadikan cita rasanya semakin meriah. Kalau tidak ingin memadukan ikan asin dengan kuah, bisa juga lho, menikmatinya secara terpisah. Goreng saja dengan api kecil hingga crispy dan padukan dengan nasi hangat serta kerupuk. Ini akan menjadi makanan berbuka puasa yang nikmat!

3. Resep Sup Ayam Pakcoy

3. Resep Sup Ayam Pakcoy

Sedang mencari paduan protein dan sayuran dalam sebuah masakan yang sehat dan menghangatkan? Nah, untuk sahur ataupun berbuka, sup ayam pakcoy adalah menu yang tidak boleh dilewatkan!

Tak hanya pakcoy yang kaya akan vitamin A dan C, bahan-bahan lain seperti kentang, wortel, kol, dan buncis juga turut melengkapi. Ciptakan kuah kaldu yang gurih dan aromatik dengan paduan rebusan ayam, tumisan bawang, daun bawang, daun seledri, pala dan Royco Kaldu Ayam, Berbekal sepiring nasi, tambahkan juga tempura sayur gaya rumahan. Irisan kol, wortel, buncis digoreng tepung hingga garing kemudian dipadukan dengan cocolan saus asam manis. Nikmat, bukan?

4. Resep Tumis Buncis Kecap

4. Resep Tumis Buncis Kecap

Piring berisi hasil memasak oseng tempe yang dipadukan dengan okra.
Yuk, coba resep oseng tempe yang enak dan lain dari biasanya! (Foto: Royco)

Renyahnya buncis memberikan kekhasan tersendiri dalam setiap masakan. Selain itu, sayuran ini juga sangat mudah untuk diolah. Cuci bersih, potong ujungnya, dan bagi menjadi 3 cm untuk resep yang satu ini. Ngomong-ngomong soal resepnya, tumis buncis kecap bakal jadi menu yang melengkapi serunya berbuka puasa.

Pertama, siapkan dahulu tumisan bawang putih dan bawang merah. Lanjutkan dengan menambahkan irisan cabai merah, lengkuas, dan daun salam sebagai aromatik. Setelah beberapa menit, barulah kita tambahkan buncis, merica, kecap manis, Royco Kaldu Ayam, dan air. Masak hingga buncis matang dan air menyusut. Sajikan hangat, lebih nikmat!

5. Resep Mie Goreng Ayam Sayur

5. Resep Mie Goreng Ayam Sayur

Buat yang ingin praktis, ada satu ide one-dish meal yang patut dicoba. Mengenyangkan, rasanya mantap, sekaligus lengkap bahannya, inilah dia mie goreng ayam sayur. Bahan-bahan yang dipersiapkan juga umumnya sudah tersedia di dapur rumah kita. Mungkin hanya tinggal menambahkan bakso sapi kalau tidak sedia bahannya, maka lengkap sudah semuanya.

Tumis dahulu bawang putih dan tambahkan bakso serta daging ayam yang dipotong dadu. Masak telur orak arik, masukkan pakcoy, wortel, kemudian mie telur yang sudah diseduh. Bumbui lengkap dengan merica, kecap manis, dan Royco Kaldu Ayam. Mudah dan cepat untuk dimasak, hidangan ini tak hanya cocok sebagai menu berbuka, namun juga untuk sahur.

Bagaimana dengan ide-ide menu berbuka tadi? Tentunya banyak yang seru untuk dicoba, bukan? Pastikan Ramadan tahun ini semakin istimewa dengan kehadiran menu-menu tersebut di meja makan. Jangan lupa untuk menyiapkan juga Royco Kaldu Ayam, kaldu terbaik sebagai bumbu masakan penyempurna masakan-masakan di rumah. Kali ini hadir dengan formula baru yang berasal dari olahan rebusan ayam yang lebih lama, rempah yang lebih kaya, dan garam beryodium.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

Cari lebih banyak