Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?

5 Menu Sahur Praktis dan Enak a la Restoran

5 Menu Sahur Praktis dan Enak a la Restoran

Menu sahur praktis adalah idaman setiap orang yang biasanya bertugas menyiapkan makanan dini hari selama bulan Ramadan. Hidup terasa lebih nyaman bila memiliki pengetahuan resep-resep yang memudahkan kita selama 30 hari ke depan.

Meski praktis, bukan berarti rasanya biasa-biasa saja. Lima resep berikut ini contohnya, punya cita rasa yang lezat dan cocok untuk sahur. Bernutrisi sekaligus membangkitkan selera makan. Bonusnya lagi, bisa tampil seperti makanan di restoran. Penasaran apa saja? Yuk, cobain satu per satu! 

1. Nasi Goreng Yang Chow Salted Egg

1. Nasi Goreng Yang Chow Salted Egg

Untuk yang hobi makan di restoran masakan China, pasti sudah pernah dengar yang namanya nasi goreng Yang Chow. Banyak pula yang menyebutnya sebagai Chinese fried rice karena nasi gorengnya khas berwarna putih, menandakan tidak adanya kehadiran kecap manis. Berbeda tentunya dengan nasi goreng kampung khas Indonesia.

Karena cita rasanya yang lebih ringan, nasi goreng Yang Chow juga cocok dipadukan dengan rasa salted egg. Tak sulit untuk membuatnya, pertama tumis dahulu bawang putih, udang, serta mixed vegetables pilihan kamu - biasanya menggunakan wortel, buncis, serta kacang polong. Selain itu siapkan juga Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin. Padukan saat memasak nasinya bersama sedikit Royco Kaldu Ayam serta saus tiram. Aduk rata kesemuanya, maka nasi goreng enak, cepat, dan mudah siap dinikmati!

2. Sup Krim Ayam

2. Sup Krim Ayam

Semangkuk sup krim ayam dengan tambahan topping berupa makaroni.
Saat sahur, sup yang hangat akan sangat membantu selera makanmu. (Foto: Royco)

Ada kalanya mood lebih menginginkan makanan yang ringan dan hangat saja untuk sahur. Untuk itu ada resep sup krim ayam untuk kamu coba. Menu yang biasanya tampil sebagai pembuka saat makan di restoran, bisa disajikan di rumah dengan cara yang lebih istimewa.

Spesial, karena kita menggarap kaldunya dari nol. Setelah siap, tumis bawang bombay dengan menggunakan margarin hingga harum dan campurkan bersama kaldu. Untuk isiannya, masukkan wortel, kacang polong, serta jamur kancing.

Barulah kita menjadikannya creamy dengan paduan susu. Bumbui dengan merica, gula, daun seledri, serta Royco Kaldu Ayam yang kini hadir dalam Formula Baru – kaldu terbaik yang dibuat dengan ayam yang direbus lama, rempah kaya, dan garam beryodium. Tambahkan makaroni, aduk bersama tepung maizena agar mengental rata. Sajikan selagi hangat!

3. Capcay Goreng Udang

3. Capcay Goreng Udang

Kalau mencari satu hidangan yang ringan, praktis, cepat dimasaknya, dan bernutrisi, salah satu alternatifnya adalah capcay goreng. Menu ini bahkan sudah terasa nikmat disantap meski hanya dengan nasi hangat. Siapkan bahan semalam sebelumnya dengan memotong bahan yang dibutuhkan, agar pada saat sahur kamu hanya perlu menumisnya secara cepat.

Jadikan lebih istimewa dengan kehadiran udang serta bakso ikan. Untuk sayurannya bisa menggunakan wortel, kembang kol, dan kacang kapri. Masak semua bahan bersama Royco Kaldu Ayam, lanjutkan hingga kembang kol mulai layu, lalu sajikan hangat. Masakan yang kaya tekstur dan berwarna warni ini pasti akan membuatmu berselera untuk bersantap sahur!

4. Spaghetti Carbonara Salted Egg

4. Spaghetti Carbonara Salted Egg

Lagi ingin coba selain nasi ataupun makanan berkuah untuk sahur? Kita coba alternatif pastu, yuk! Rebus al dente malam sebelumnya, saat sahur tinggal dengan cepat memasaknya menjadi spaghetti carbonara dengan paduan rasa salted egg. Menarik, bukan?

Caranya mudah. Pertama tumis dulu potongan smoked beef dengan minyak zaitun, tambahkan bawang putih dan cabai rawit. Lanjutkan dengan memasak krim bersama Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin. Setelah mendidih, tambahkan Royco Kaldu Ayam, cabai bubuk, serta sedikit garam. Aduk rata bersama spaghetti, sajikan selagi hangat dengan bubuhan lada hitam serta daun peterseli.

5. Dadar Telur Sayur Keju

5. Dadar Telur Sayur Keju

Seporsi dadar telur yang disajikan dengan sayuran dalam satu piring.
Dadar telur selalu jadi favorit di pagi hari, termasuk saat sahur. (Foto: Royco)

Siapa takut bikin menu brunch saat sahur? Apalagi kalau kita tahu segala macam menu brunch itu menarik untuk dinikmati secara visual maupun rasa. Contohnya saja dadar telur yang satu ini. Asyiknya lagi, kamu bisa sharing dengan seisi rumah, cukup dengan waktu singkat saja saat membuatnya.

Siapkan tumisan berupa jamur kancing atau jamur shiitake, bayam, serta wortel. Lalu di mangkuk terpisah kocok telur, susu, Royco Kaldu Ayam, dan hasil tumisan tadi. Masak menjadi omelet dan siap sudah hidangan untuk dinikmati. Bisa kamu padukan dengan nasi, roti, kentang, sup, ataupun dinikmati langsung.

Jadi menu sahur praktis tak hanya mudah dan cepat, namun bisa tampil layaknya hidangan di restoran, bukan? Jadikan Ramadan tahun ini penuh dengan semangat dengan memasak hidangan-hidangan lezat ini, yuk!