Apa Yang Kamu Cari?

Cara Tepat Memasak Nasi untuk Sushi
Cara Tepat

Memasak Nasi untuk Sushi

Tidak bisa disangkal, sajian khas Jepang yang paling banyak dikenal adalah sushi. Popularitas sushi juga semakin meluas dengan semakin banyaknya restoran yang menyajikan menu sushi. Kalau foodies gemar makan sushi, cara membuat sushi rumahan sebenarnya tak sulit

Salah satu elemen utama dalam sajian sushi adalah nasi. Beras yang dibuat menjadi sushi lebih jenisnya lengket dan kenyal dibandingkan yang biasa. Untuk membuat sushi memang sebaiknya menggunakan beras Jepang. Penggunaan beras yang salah akan menyebabkan nasi tidak bisa digulung dengan baik menjadi sushi.

Bagaimana kalau tidak bisa mendapatkan beras Jepang untuk digunakan membuat sushi? Berikut beberapa trik yang bisa dicoba dalam cara membuat sushi rumahan lezat.

1. Gunakan beras yang pulen

Tiap jenis beras memiliki tekstur berbeda-beda. Walaupun tidak menggunakan beras Jepang, tetap pastikan kamu menggunakan beras pulen berkualitas baik. Beras yang pera tidak akan bisa diolah menjadi sajian sushi.

2. Campur beras dengan ketan

Beras Jepang dalam resep sushi bisa digantikan dengan campuran beras biasa dan beras ketan dengan perbandingan 1 kg beras:100 gram ketan. Penambahan ketan akan membuat nasi lebih kenyal.

3. Campur nasi dengan cuka beras

Campurkan nasi dengan sedikit cuka beras dari Jepang, garam, dan gula. Perbandingannya adalah 1 kg beras:150 cc cuka beras:25 gram garam:50 gram gula. Sebaiknya gunakan cuka beras dari Jepang karena rasanya tidak seasam cuka Indonesia. Pastikan untuk menambahkan cuka setelah nasi matang dan dikeluarkan dari penanak nasi.

4. Aduk beras dengan sendok kayu

Gunakan sendok kayu untuk mengaduk nasi. Ini karena sendok stainless steel akan menimbulkan reaks pada cuka yang ditambahkan pada nasi


Cara membuat sushi rumahan di atas akan membantu kamu mendapatkan tekstur nasi yang tepat. Jangan langsung mengolah nasi untuk membuat sushi. Dinginkan dulu nasi hingga mencapai suhu ruangan, tapi jangan memasukkan ke dalam kulkas. Setelah nasi dingin, barulah olah nasi. Coba juga coba Sushi Roll isi Ayam Goreng Spicy Mayo yang juga cocok untuk bekal sekolah atau piknik!