Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
manfaat buah tomat

4 Buah Yang Baik Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Ketahui beragam manfaat buah tomat serta buah-buahan bernutrisi lainnya yang dapat membuat badanmu tetap fit. Jangan lupa mencoba beragam resep dan tipsnya, ya!

Menyambut datangnya musim penghujan, ada saja kekhawatiran akan merebaknya sakit flu. Sistem imunitas tubuh menjadi benteng terkuat dalam menghadapi kemungkinan ini. Namun ada berbagai faktor yang menjadikan kita rentan terjangkit. Dari segi nutrisi, kali ini kita akan membahas manfaat buah tomat ataupun buah-buahan jenis lainnya yang akan berperan untuk memperkuat kekebalan tubuh kita.

Yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah mengerti bahwasanya kekebalan tubuh bukanlah persoalan satu entitas saja. Ia adalah sebuah sistem yang rumit dan harus bekerja secara harmonis. Maka satu studi dari Harvard Medical School meneliti kaitannya dengan diet, intensitas olahraga fisik, umur, tekanan psikologis serta banyak faktor lainnya yang mempengaruhi respon imunitas dalam tubuh.

Gaya hidup sehat menjadi kunci dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain tidak merokok, menghindari minuman alkohol, cukup tidur, dan berolahraga; rupanya kita disarankan juga untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lebih banyak. Buah tomat rupanya memiliki banyak kelebihan yang akan menjadikan imunitas tubuh lebih kuat. Selain itu ada empat buah-buahan lainnya yang jadi alternatifnya.

Apa sajakah itu? Berikut adalah penjabarannya.

1. Manfaat buah tomat

Satu fakta menarik, manfaat buah tomat terbesar adalah satu buahnya dapat memasok 40% kebutuhan vitamin C tubuh kita dalam sehari! Tidak hanya itu, buah tomat juga kaya akan vitamin A yang membantu memperkuat kekebalan tubuh, menyehatkan mata, dan kesehatan kulit.

Buah dengan rasa asam manis ini juga sangat fleksibel digunakan dalam berbagai masakan lokal maupun internasional, tidak terkecuali tentunya dalam minuman atau hidangan penutup. Untuk melengkapi hidangan akhir pekan bersama keluarga, jangan lupa untuk menyiapkan sup tomat daging asap.

Caranya mudah. Rebus tomat terlebih dahulu, lumatkan serta saring. Berikutnya tumis bawang bombay dan masak bersama sari tomat. Bumbui dengan merica, pala, dan Royco Kaldu Sapi serta tambah sedikit pasta tomat, gula, serta seledri. Masak dengan menggunakan api kecil dan masak bersama pasta makaroni dan daging asap hingga matang. Rasanya gurih, menyegarkan, dan kaya akan nutrisi!

2. Buah kiwi

Kalau kamu berpikir jeruk adalah penghasil vitamin C tertinggi, maka kamu belum berkenalan dengan buah yang satu ini. Bayangkan saja, 1 cangkir berisi potongan kiwi memiliki 273% kadar vitamin C dari yang dibutuhkan tubuhmu setiap harinya!

Satu studi dari Canadian Journal of Physiology and Pharmacology menerangkan bahwa kiwi sangatlah bernutrisi dan bisa menjadi kontributor besar sistem imunitas tubuh. Dari studi yang sama disimpulkan bahwa kiwi dapat membantu mencegah atau mengurangi efek dari penyakit flu dan sejenisnya.

3. Buah pepaya

Satu jenis buah yang berlimpah dan harganya murah ini bukan cuma punya kelebihan soal urusan memperlancar pencernaan. Sedikit di bawah kiwi, buah pepaya juga super kaya soal kandungan vitamin C-nya atau pada angka 224% dari satu buahnya untuk konsumsi harian. Selain itu, pepaya kaya akan enzim pencernaan anti-inflamasi yang disebut enzim papain, potassium, vitamin B, dan folat.

Resep ayam goreng dengan sayur godog berbumbu kecombrang bisa jadi satu opsi menggunakan pepaya menjadi sebuah hidangan kaya nutrisi. Tersaji bersama ayam goreng yang lezat, sayur godog pada resep ini berisikan kaldu gurih yang kaya dengan tambahan rebung, pepaya muda, tomat, kecombrang, wortel, hingga petai. Penasaran dibuatnya, bukan?

4. Buah jeruk

Sudah lama dikenal kalau buah jeruk kaya akan vitamin C. Bahkan satu buahnya bisa menyediakan 130% kebutuhan vitamin C dalam sehari. Belum lagi tentunya bila ditambahkan dengan kelebihan lainnya seperti vitamin A, B6, kalsium, thiamin, riboflavin, niacin, fosfor, magnesium, mangan, selenium, dan tembaga. Kelengkapan inilah yang mengasosiasikan jeruk dengan kemampuannya meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Aplikasikan buah jeruk dalam konsumsi keseharianmu. Satu yang paling mudah selain dinikmati langsung adalah dengan menambahkannya sebagai topping pada salad buah ataupun sayur. Selain jeruk, buah-buahan seperti apel, alpukat, pir, hingga delima juga cocok untuk dibuat menjadi salad. Cari tahu kiat-kiat menyajikan salad sehat dari Royco secara lengkap!

5. Buah strawberry

Terlepas dari alasan komersial, ketersediaan semakin banyak buah strawberry maupun sejenisnya memang terkait juga dengan nutrisi yang dikandungnya. Konsumsi harian strawberry sebagai sumber vitamin C dan antioksidan sangat disarankan oleh Academy of Nutrition and Dietetics, alih-alih hanya pada saat sakit flu terjadi. Komponen polyphenol yang dimilikinya tidak hanya mampu mencegah flu, namun juga bakteri berbahaya seperti Staphylococcus, E. coli, ataupun Salmonella.

Pastikan buah yang satu ini tersedia sebagai bekal ataupun camilan sehat untuk anak. Intinya adalah penggunaan bahan-bahan sehat dan segar. Olah dengan cara selain digoreng dan bentuk dalam kemasan menarik agar menarik hati sang anak untuk mencobanya. Untuk strawberry misalnya, kombinasikanlah dengan yogurt ataupun sebagai bahan smoothie dan es loli.

Semakin banyak opsi buah-buahan sehat yang bisa kamu gunakan di rumah, bukan? Seimbangkan penggunaannya dengan hidangan-hidangan lainnya yang tak kalah bernutrisi dan adikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan di rumah. Selamat berkreasi!

Cari lebih banyak