Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Sebuah mangkuk kayu berisikan popcorn caramel tersaji di atas meja kayu bersama segelas minuman.
Tips Membuat

Popcorn Karamel Rumahan

Saat sedang menonton film di rumah, kadang-kadang seru juga untuk mencoba membuat suasana menjadi seperti di bioskop.

Sistem audio canggih menjadikan suara dari film terdengar lebih membahana. Layar lebar menjadikan pengalaman menonton terasa semakin seru. Tambah dengan adanya kehadiran popcorn, maka menonton di bioskop semakin mengasyikkan. Keseruan ini bisa kita bawa juga ke rumah. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara membuat popcorn caramel secara baik dan benar.

Tidak hanya semata-mata dimasak menggunakan panci dan selesai seperti layaknya popcorn asin, yang satu ini membutuhkan sedikit perhatian ekstra. Dari menjaga agar tidak gosong hingga cara agar saus caramel tersalut rata, ada beberapa kiat yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Maka dari itu, yuk, simak tips-tipsnya berikut ini!

Tahapan dalam membuat popcorn caramel

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar popcorn tidak gosong dan caramel melapisi popcorn dengan merata. Pertama, kita bisa memulai dengan membuat caramel dan popcorn secara terpisah dengan kompor. Kemudian, lanjutkan dengan memanggang popcorn dalam oven.

Mulailah membuat caramel dengan cara melelehkan gula merah atau gula pasir dan mentega dalam panci. Sambil menunggu gula meleleh dan caramel siap, masak bulir jagung di dalam panci bertutup. Setelah caramel siap dan popcorn telah matang, tuangkan gula caramel ke atas popcorn sambil aduk hingga rata. Agar popcorn semakin renyah, panggang popcorn dalam oven bersuhu 135C selama sekitar 1 jam.

Berbagai tips lainnya dalam membuat popcorn caramel

Proses membuat popcorn caramel ini memang terkesan memakan waktu, tetap sejatinya sangat sederhana. Selain beberapa tahap penting yang disebutkan di atas, ada beberapa hal lainnya yang akan menjadikan pengetahuan kita semakin komplet. Yuk, kita perhatikan beberapa tips berikut ini saat menyiapkan popcorn manis ini di rumah!

1. Saat memasak bulir jagung popcorn, gunakan minyak dengan titik didih tinggi seperti minyak kanola, minyak kelapa, atau minyak kacang. Hal ini agar popcorn tidak mudah gosong.

2. Saat memasak popcorn, tentunya panci harus ditutup agar bulir popcorn tidak berlompatan keluar panci. Meski demikian, sebaiknya buka sedikit tutup panci untuk mengeluarkan uap. Cara ini perlu dilakukan untuk mencegah popcorn menjadi lembek karena uap yang terkumpul dalam panci.

3. Salah satu trik cara membuat popcorn manis lebih renyah adalah masak karamel agak lama. Semakin lama karamel dimasak, semakin renyah popcorn karamel yang akan kamu dapat. Namun, hati-hati jangan sampai karamel gosong dan menjadi pahit, ya.

4. Setelah karamel siap, angkat dari atas kompor lalu tambahkan bahan lain seperti vanilla. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam pada karamel untuk mendapatkan paduan rasa manis dan asin ala salted caramel yang lezat. Garam juga bisa ditaburkan di atas popcorn karamel setelah dikeluarkan dari oven.

5. Saat memanggang popcorn karamel dalam oven, ratakan popcorn di atas loyang datar agar matangnya merata. Jangan lupa untuk mengaduk popcorn setiap 15 menit saat dipanggang agar tidak gosong.

Setelah popcorn caramel siap, diamkan beberapa saat dalam suhu ruangan lalu tak lama siap untuk dinikmati. Tidak sulit untuk membuatnya, bukan? Kalau masih bersisa, simpan popcorn caramel dalam wadah kering yang tertutup rapat selama beberapa hari. Selanjutnya, kita hanya perlu memilih film yang seru dan menyiapkan camilan seru ini untuk keluarga di rumah. Mumpung sekarang di rumah aja, inilah waktu yang tepat untuk mencoba membuatnya. Jangan lupa untuk cek beragam tips memasak lainnya dari Royco!