Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?

Program Royco Nutrimenu

progam nutrimenu

Royco Nutrimenu adalah rangkaian edukasi yang dikembangkan sejak tahun 2019 dengan mengacu pada konsep “Isi Piringku” yang sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI. Sejak awal kemunculannya, program ini telah merangkul sekitar 80,000 anggota keluarga dan setidaknya 180,000 santri untuk berkomitmen menyajikan makanan berisi menu lengkap yang lezat dan lebih bergizi, mudah didapat, praktis terjangkau dan bersumber dari “50 Pangan Masa Depan”. Bertujuan untuk membuka wawasan para Ibu dalam memanfaatkan beragam bahan makanan sehat yang tersedia di sekitarnya serta menanamkan kebiasaan baik bagi Ibu dan keluarga Indonesia untuk memasak dan mengkonsumsi makanan rumah yang variatif untuk masa depan yang lebih baik sekaligus mencegah risiko serta dampak buruk ketidakseimbangan gizi pada anak Indonesia. 

progam nutrimenu

Pada tahun 2020, program Royco Nutrimenu kembali hadir dan meluaskan cakupannya. Lebih dari 260,000 anggota keluarga dan santri mendapat edukasi tentang pentingnya menyajikan makanan lezat bernutrisi. Bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah, Royco memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada 5000 Ibu selama 21 hari di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Program ini kembali memberikan hasil yang menggembirakan, menurut Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University, dalam pemaparannya mengenai hasil riset yang ia lakukan selama program, sekitar 75% peserta program Royco Nutrimenu kini telah dapat menyusun porsi pangan sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah dengan benar.

progam nutrimenu

Royco juga melakukan pendekatan ke lebih dari 150 komunitas pesantren untuk menjelaskan pentingnya program berkelanjutan dalam mengkonsumsi makanan bernutrisi yang punya efek baik bagi para individu dan juga untuk bumi, yaitu:

  1. Program Pelatihan kepada para pimpinan, guru dan santri tentang masak makanan bernutrisi, pengolahan limbah, pembuatan pupuk ramah lingkungan dan yang terakhir tentang urban farming.
  2. Program manajemen limbah makanan, dengan cara mengurangi jejak karbon dari limbah yang kita hasilkan untuk dan menjadikannya pupuk kompos.
  3. Program menanam 50 Pangan Masa Depan menggunakan pupuk kompos yang sudah diproduksi sebagai sumber nutrisi paling baik.
  4. Program memasak makanan lezat bergizi dengan Royco Nutrimenu.

progam nutrimenu

Kedua program besar ini dapat terwujud karena kerjasama yang optimal dengan Pemerintah (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia & Kementerian Agama), IPB University juga rekan-rekan LSM.

Memasuki tahun 2021, dengan semangat yang sama, yaitu mendorong dan menginspirasi Ibu Indonesia untuk menyajikan makanan lezat bernutrisi setiap hari untuk keluarga, Royco kembali menciptakan inovasi. Yaitu dengan menambah kandungan garam beriodium di dalam tiap kemasan Royco Kaldu Ayam dan Sapi. Langkah ini juga diambil sebagai solusi alternatif dari tantangan hidden hunger yang masih terjadi di Indonesia. Hidden hunger adalah kondisi yang disebabkan oleh kurangnya asupan empat gizi mikro; iodium, zat besi, vitamin A, dan zink. Setiap sajian yang dimasak menggunakan Royco garam beriodium mampu memenuhi 15% kebutuhan iodium harian seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak, untuk #BantuTumbuhSesuai.

Tahun ini, program Royco Nutrimenu akan dilanjutkan dengan mengarah lebih banyak masyarakat melalui digitalisasi program serta kerja sama dengan berbagai pihak, yaitu PKK, Ikatan Bidan Indonesia, IPB University, dan berbagai NGO lokal maupun global, salah satunya Thyroid Federation International (TFI). Serta didukung oleh Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Agama RI. Royco berkomitmen untuk terus memberi kontribusi dalam meningkatkan kualitas sajian keluarga Indonesia. Dengan harapan di tahun 2025, program ini mampu memberi dampak positif hingga ke lebih dari 22 juta masyarakat Indonesia, baik secara langsung atau melalui penyebaran informasi digital/elektronik di website maupun sosial media.