Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Satu gelas hasil cara membuat infused water ketimun diletakkan bersama bahan-bahannya di atas meja kayu

Ragam Cara Membuat Infused Water dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ragam Cara Membuat Infused Water dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak hanya kedai kopi ataupun restoran saja, ternyata semua orang bisa membuat infused water dengan macam-macam bahan, lho. Selain menyegarkan, ada banyak manfaat infused water bagi kesehatan. Itulah mengapa semakin banyak yang tertarik meneguk manfaatnya. Inilah waktunya bagi kamu untuk tahu cara membuat infused water sendiri!

Minuman infused water juga dikenal dengan istilah detox water atau air putih yang diinfusi dengan berbagai rasa alami dari buah-buahan segar, sayuran, serta daun-daunan aromatik atau herba. Minuman ini memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan jus dan tak kalah menyegarkan. Inilah yang menjadikan infused water kian populer di kalangan masyarakat perkotaan.

Minuman ini juga menjadi semacam alternatif air putih, yang sayangnya mungkin masih banyak diabaikan. Padahal, jika kekurangan asupan cairan, tubuh menjadi rentan terkena masalah kesehatan. Menikmati infused water yang telah dipadukan dengan beberapa bahan tentu menjadikan pengalaman minum air lebih menyenangkan.

Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Seorang wanita tengah bekerja dengan laptopnya sambil menikmati infused water
Seorang wanita tengah bekerja dengan laptopnya sambil menikmati infused water.

Infused water dikenal karena banyak manfaatnya untuk kesehatan. Manfaat utamanya tentu datang dari konsumsi air itu sendiri. Intensitas infusi serta pemilihan bahan juga akan berpengaruh terhadap seberapa besar manfaat kesehatannya. Beberapa manfaat meminum air lebih rutin di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan [1], menyehatkan saluran pencernaan [2], serta memperbaiki mood dan konsentrasi [3].

Cara membuat infused water yang mudah

Cara membuat infused water yang mudah

Dua gelas infused water berisi buah stroberi dan buah lemon serta daun mint
Membuat infused water bisa juga menggunakan beragam jenis buah beri. (Foto: Shutterstock)

Begitu banyak kombinasi bahan yang bisa kita kreasikan untuk membuat minuman infused water setiap harinya. Cara menyiapkannya juga semudah memasukkan berbagai potongan bahan ke dalam air putih yang kemudian didinginkan dalam kulkas ataupun ditambahkan es batu. Sungguh menyegarkan, bukan?

Beberapa paduan yang mudah untuk disiapkan adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang sehari-hari bisa didapatkan. Contohnya adalah mengombinasikan air putih dengan potongan ketimun dan daun mint. Agar lebih menyegarkan, kamu juga bisa menambahkan potongan 1 buah jeruk lemon ke dalam racikan tadi.

Ide lainnya adalah kombinasi buah semangka, blueberry, serta daun mint. Bila blueberry dirasa sulit didapat atau terlalu mahal, bisa juga menggantinya dengan beberapa buah jeruk nipis serta sedikit kunyit ke dalam racikan infused water. Manfaat infused water jeruk nipis dan kunyit ternyata bisa menyehatkan system pencernaan. Masih banyak kombinasi cara membuat infused water yang bisa kamu coba juga, seperti paduan buah apel dan kayu manis, jeruk lemon dengan jahe, ataupun buah stroberi dengan daun basil.

Untuk menghalau rasa bosan minum air putih dan mendapatkan manfaat tambahan, pastikan untuk meneguk infused water setiap hari. Dari kombinasi ini, mana saja yang sudah pernah kamu coba? Kalau belum, selamat mencoba cara membuat infused water dengan bahan-bahan favorit kamu!

Referensi :

  1. Jodi D Stookey, Florence Constant, Barry M Popkin, Christopher D Gardner. 2008. Drinking water is associated with weight loss in overweight dieting women independent of diet and activity. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18787524/ (diakses tanggal 25 November 2020)
  2. K M Robson, D K Kiely, T Lembo. 2000. Development of constipation in nursing home residents. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10910239/ (diakses tanggal 25 November 2020)
  3. Nathalie Pross, Agnès Demazières, Nicolas Girard, Romain Barnouin, Déborah Metzger, Alexis Klein, Erica Perrier, Isabelle Guelinckx. 2014. Effects of changes in water intake on mood of high and low drinkers. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24728141/ (diakses tanggal 25 November 2020)

Cari lebih banyak