Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Tangan perempuan memeragakan cara membuat bolu tanpa oven dengan berbagai peralatan dapur

3 Cara Membuat Bolu Tanpa Oven di Rumah

Ketiadaan oven di rumah bukan jadi alasan untuk berhenti berkreasi. Ada beberapa cara membuat bolu tanpa oven yang bisa kamu coba. Yuk, intip caranya di sini!

Kue bolu adalah camilan klasik yang digemari orang Indonesia sejak lama. Cara membuatnya relatif mudah serta bahan-bahannya mudah dicari dan harganya terjangkau. Namun, ketiadaan oven terkadang jadi penghalang bagi mereka yang ingin membuatnya. Kali ini, kita sajikan cara membuat bolu tanpa oven dengan menggunakan alat-alat yang umum tersedia di rumah.

Cara membuat bolu tanpa oven

Umumnya, kita menggunakan oven untuk mentransfer panas ke adonan. Panas tersebut akan membuat partikel-partikel di dalam adonan kue mengembang dan matang. Untuk kue jenis bolu, dibutuhkan suhu tertentu untuk mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Lalu bagaimana jika belum ada oven? Tenang, kita tetap bisa membuat bolu dengan beberapa peralatan dapur lainnya. Memang, berbeda alat berbeda pula proses, porsi bahan yang digunakan, serta tekstur akhir bolu yang dihasilkan. Meski begitu, rasa yang dihasilkan bisa sama enaknya bahkan lebih unik.

Berikut adalah beberapa cara membuat bolu tanpa oven yang bisa dipilih:

1. Membuat Banana Cake dengan Rice Cooker

Rice cooker tidak hanya berfungsi untuk menanak nasi. Sedikit mirip dengan oven, rice cooker menggunakan energi panas untuk mematangkan makanan. Uap dari makanan juga dikunci di dalam sehingga dapat berfungsi untuk mengukus. 

Kita bisa membuat bolu dengan rice cooker, namun tekstur akhirnya akan lebih lembap dan tidak terlalu mengembang dibandingkan menggunakan oven. Meskipun demikian, dari segi rasa tidak akan jauh berbeda. Bolu yang bisa dibuat dengan rice cooker cukup bervariasi, mulai dari banana cake hingga brownies.

Bahan yang digunakan untuk membuat bolu dalam rice cooker juga bisa kita sederhanakan. Contohnya dalam membuat banana cake. Bahan yang kita perlukan adalah tepung, baking powder, baking soda, garam, pisang, mentega, palm sugar, dan garam.

Berikut adalah tahapan membuat banana cake di rice cooker:

  • Lumatkan 3 buah pisang, lalu siapkan 2 butir telur yang telah dikocok di tempat berbeda. Aduk hingga rata. Tambahkan palm sugar dan sejumput garam, aduk kembali.
  • Lelehkan 140 gram mentega, lalu tuang ke dalam adonan pisang.
  • Di wadah berbeda, masukkan 140 gram terigu serta satu sendok teh baking powder dan setengah sendok teh baking soda. Aduk rata.
  • Tuangkan sedikit demi sedikit campuran terigu ke dalam adonan pisang, aduk hingga merata.
  • Oleskan mentega di bagian dalam rice cooker agar bolu tidak lengket. Masukkan adonan pisang ke dalam rice cooker. Nyalakan mode masak. Saat tombol rice cooker berubah otomatis ke mode penghangat, tekan kembali mode masak, kurang lebih selama tiga kali.
  • Bolu akan matang kurang lebih selama 15-20 menit. Tusuk menggunakan garpu untuk mengecek kematangan.

2. Membuat Mug Cake dengan Microwave

Bukan sekadar menghangatkan makanan, ternyata microwave bisa digunakan untuk membuat kue bolu sederhana. Namun, perlu diingat bahwa daya panas yang dihasilkan oleh microwave berbeda dengan oven. Hal ini akan berpengaruh pada hasil akhirnya. Kita tidak akan mendapatkan tekstur crunchy ataupun warna brownie yang sempurna.

Salah satu jenis kue yang populer dibuat dalam microwave adalah mug cake. Bolu yang dibuat dalam gelas mug ini terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana, bahkan tanpa telur. Sediakan tepung terigu, gula pasir, cokelat bubuk, susu UHT, minyak sayur, dan baking powder agar mengembang.

Berikut adalah cara mudah membuatnya:

  • Sediakan sebuah mug, masukkan 4 sendok makan tepung terigu, 1 hingga 2 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan cokelat bubuk, minyak sayur, 3 sendok makan susu UHT, dan sejumput baking powder. Aduk gunakan garpu hingga rata.
  • Kita bisa taburkan choco chips di atas adonan untuk memberikan ekstra rasa.
  • Masukkan microwave, atur dalam suhu tinggi selama 2 hingga 3 menit.
  • Setelah bolu matang, taburkan gula halus di atasnya untuk mempercantik tampilannya.

3. Membuat Marble Cake dengan Double Pan

Double pan merupakan wajan dua sisi yang bisa ditutup dan mengunci panas dari dalam. Umumnya double pan digunakan untuk memanggang ayam atau ikan. Ternyata, daya kunci panas pada double pan juga bisa kita manfaatkan untuk membuat kue bolu.

Kita bisa membuat beragam jenis bolu menggunakan double pan. Mirip dengan rice cooker maupun microwave, bolu yang dibuat menggunakan double pan tidak akan mengembang sempurna. Namun, citarasa yang serupa bisa dicapai dengan menggunakan alat masak ini.

Salah satu jenis bolu yang bisa kita buat adalah marble cake. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung protein rendah, mentega, gula pasir, telur, susu kental manis, vanili bubuk, dan cokelat bubuk.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Pertama, masukkan 200 gram mentega, 200 gram gula pasir, satu sendok teh  vanili bubuk ke dalam satu wadah, kocok hingga lembut. Masukkan empat butir telur, kocok kembali hingga mengembang.
  • Tambahkan sekitar 250 gram tepung dan 3 sendok makan susu kental manis, kocok kembali.
  • Di wadah berbeda, buat pasta cokelat yang terdiri dari cokelat bubuk yang dilarutkan dengan air hangat secukupnya.
  • Masukkan sebagian adonan tepung ke dalam double pan yang telah diolesi mentega. Tuangkan sebagian pasta coklat di beberapa bagian berbeda. Tuangkan lagi adonan tepung dan pasta cokelat di atasnya. Jangan diaduk.
  • Gunakan sumpit atau tusuk gigi, buat pola marble di atas adonan. Tutup double pan.
  • Panggang dengan api kecil di kompor, tunggu sekitar 30 menit hingga adonan matang.

Demikian beberapa cara membuat bolu tanpa menggunakan oven. Dengan memanfaatkan alat yang tersedia di rumah, kita bisa mendapatkan bolu yang tak kalah lezatnya. Selamat mencoba!