Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Sebuah wajan berisikan rendang sapi yang tengah dimasak bersama santan dan rempah
5 Tips

Membuat Rendang Sapi Lezat dan Empuk

Tahukah kamu, rendang terpilih menjadi makanan paling enak di dunia menurut CNN Travel?

Pada sebuah survey global yang dilakukan tahun 2011 dan 2017, rendang sapi ternyata menduduki peringkat pertama dalam daftar makanan terlezat di seluruh dunia. Tentunya sebagai orang Indonesia, kita patut berbangga atas pengakuan tersebut.

Menyebarnya kuliner Minang di berbagai penjuru Indonesia selama bertahun-tahun mendorong popularitas hidangan yang ikonik ini. Maka tidak heran bila istilah masakan Padang selalu dikaitkan dengan kehadiran rendang. Pada perkembangannya, masakan asli Minang juga melampaui batas-batas negara. Dari yang terdekat menuju Singapura dan Malaysia, hingga kini mencapai Eropa dan Amerika. Ini kemudian diperkuat lagi dengan program diplomasi kuliner negeri kita yang selalu aktif, sehingga popularitas rendang dan kuliner Indonesia secara keseluruhan semakin mendunia.

Hal-hal ini tentu mendorong kita untuk bisa menyajikan sendiri hidangan legendaris ini di rumah, sebagai menu sehari-hari ataupun untuk buka puasa saat Ramadan. Terlebih didorong juga karena kecintaan kita terhadap masakan Nusantara. Rendang, bila dimasak dengan tepat maka cita rasanya akan sempurna dengan dagingnya yang empuk dan bumbunya yang kaya rempah. Namun kebalikannya bila dimasak dengan cara kurang tepat, maka rendang akan terasa kering, keras, bahkan gosong. 

Maka dari itu, yuk, kita cari tahu beberapa tips cara memasak rendang sapi berikut ini!

1. Gunakan bagian daging sapi yang tepat

Ciri khas rendang adalah dimasak dalam waktu lama agar bumbu meresap secara merata ke dalam daging. Karena itu untuk rendang sapi, gunakan bagian daging yang padat seperti paha - terutama paha bagian luar. Hindari penggunaan bagian daging lunak seperti has dalam karena jenis ini akan mudah hancur bila dimasak dalam waktu lama.

2. Olah daging dan bumbu dengan benar

Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, bumbu rendang sebaiknya dibuat dari bahan-bahan segar yang dihaluskan dengan cara digiling dan bukan dengan menggunakan blender. Setelah dihaluskan, tuang santan dan kemudian rebus bersama bumbu halus. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah daging dimasukkan untuk dimasak hingga matang.

3. Gunakan jumlah santan yang cukup

Santan merupakan salah satu bahan utama yang memberikan rasa gurih pada bumbu rendang. Karena itu, penggunaan santan dalam jumlah yang cukup akan berperan penting dalam cita rasa rendang. Biasanya perbandingan daging dengan santan adalah 1:3, yaitu tiap 1 kg daging setara santan kental dari 3 butir kelapa. Bila ingin membuat rendang yang pedas, tiap 1 kg daging bisa menggunakan 250 gram cabai dan santan kental dari 4 butir kelapa.

4. Masak rendang dengan api kecil

Agar bumbu meresap sempurna dan daging menjadi empuk, rendang sebaiknya dimasak dengan api kecil selama beberapa jam. Kalau suka rendang yang kering, maka masak selama 5-6 jam. Kalau ingin memasak rendang yang basah, masak sekitar 4 jam. Bila hanya dimasak selama 3 jam saja maka yang didapatkan bukanlah rendang, melainkan kalio daging yang basah dan memiliki kuah campuran santan dan bumbu dalam jumlah banyak.

5. Aduk rendang secukupnya

Selama rendang sapi dimasak dalam bumbu, daging tidak perlu diaduk terus-menerus agar tidak hancur. Namun, rendang juga perlu diaduk sesekali agar tidak gosong. Tentu saja perlu kehati-hatian dalam mengaduknya agar bentuk potongan daging tetap terjaga.

Yuk, kita terapkan lima tips tersebut saat mencoba resep rendang sapi dari Royco! Selebihnya, rasa cinta kita terhadap kuliner Indonesia akan menumbuhkan kesukaan memasaknya dari waktu ke waktu. Dengan demikian, lima tips tadi akan menjadi bekal yang mengiringi pengalaman kita di dapur. Cara memasak rendang yang tepat tentu akan menghasilkan rendang sapi yang empuk dengan cita rasa luar biasa. Selamat mencoba dan pastikan untuk mengetahui tips memasak lainnya dari Royco!